Saksikan Pesawat Boeing Anyar Garuda, Dahlan Iskan Rela Pakai Batik

Jakarta - Malam ini PT Garuda Indonesia Tbk meluncurkan pesawat barunya yaitu Boeing 777-300ER yang baru datang dari pabrik Boeing di AS. Sejumlah menteri hadir dan kompak berbatik.

Tak terkecuali Menteri BUMN Dahlan Iskan yang biasanya hanya mengenakan kemeja putih pada aktivitasnya sehari-hari, malam ini rela mengenakan batik.


"Baru saja ganti batik di kantor Garuda (Cengkareng). Beliau diberikan batik oleh Garuda," ucap Kepala Humas Kementerian BUMN Faisal Halimi kepada detikFinance saat peluncuran pesawat di Hanggar 2 milik Garuda Maintenance Facility (GMF) di Cengkareng, Banten, Selasa (2/7/2013).


Selain Dahlan, hadir dalam acara ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring, dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.


Saat ditanya alasan menggunakan baju batik, Dahlan Iskan hanya melempar senyum. Hadir juga pada acara kali ini, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Try Sunoko dan Ketua Umum Kadin Suryo B. Sulisto.


Boeing 777-300ER milik Garuda merupakan yang pertama kali dimiliki oleh maskapai penerbangan di Indonesia. Garuda memesan 10 unit armada Boeing 777-300ER ini untuk penerbangan jarak jauh non stop. Pesawat baru ini akan digunakan untuk penerbangan Jakarta-Jeddah. Tahun akan datang 4 unit, tahun depan 3 unit, dan 2015 ada 3 unit.


Armada Boeing 777-300 ER memiliki kapasitas kursi sebanyak 314 penumpang dengan konfigurasi 8 kursi untuk first class, 38 kursi untuk business class dan 268 kursi untuk economy class. Rencananya, pesawat ini juga akan menggunakan layanan WiFi.


(feb/dnl)