5 Perusahaan Asing Bersaing Jadi Kontraktor Proyek 'New Tanjung Priok'

Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II melakukan seleksi 16 calon kontraktor pembangunan terminal peti kemas II Pelabuhan Kalibaru atau yang disebut New Tanjung Priok.

Direktur Utama Pelindo II RJ Lino memastikan, dari 16 perusahaan yang bersaing, tersisa 5 perusahaan yang akan diseleksi sebagai calon kontraktor proyek ini.


"Terminal II itu bidding akhir September 2013 dan bulan Oktober sudah tekan kontrak. Awalnya ada 16 perusahaan kemudian mengerucut jadi 12 dan turun lagi jadi 6 dan ada yang gugur, akhirnya 5 masuk tahapan bidding," kata Lino saat ditemui di Kantor Pusat Pelindo II Jalan Pasoso Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (28/8/2013).


Lima perusahaan asing itu adalah PSA, Cosco Pacific Limited, China Merchants, Mitsui, dan Ports America. Menurutnya Pelindo II menargetkan pemenang tender akan menginvestasikan US$ 250 juta hingga US$ 350 juta untuk setiap terminal.


"Mereka mesti bidding yang 5 dan nanti ada 2 perusahaan the best yang langsung sama kita nego sama-sama untuk tahap selanjutnya. Oktober sudah kontrak. Pembangunannya sudah jalan sekarang. Infrastruktur kita bangun dan investasinya itu nanti US$ 250 juta untuk satu terminalnya," imbuhnya.


Terminal II Pelabuhan Kalibaru memiliki panjang 800 meter dengan draft kedalaman 16 meter sehingga dapat menampung 1,5 juta Teus peti kemas per tahun.


(wij/dnl)