Bank Danamon Ancang-ancang Naikkan Bunga Kreditnya

Jakarta - PT Bank Danamon Tbk berencana menaikkan suku bunga kreditnya sebagai imbas dari keputusan Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga acuannya (BI Rate) hingga di angka 7%.

Direktur Keuangan Danamon Vera Eve Lim mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendiskusikan rencana perseroan untuk menaikkan suku bunga kreditnya.


"Ya nanti akan disesuaikan. Ada rencana menaikkan suku bunga, kita sedang diskusikan," kata Vera saat ditemui di Menara Bank Danamon, Jakarta, Kamis (29/8/2013).


Dia menjelaskan, dari rencana perseroan menaikkan suku bunganya akan berdampak pada kredit perseroan hampir di semua sektor terutama sektor konsumsi seperti kredit kendaraan bermotor.


"Ini tentu akan berdampak ke kredit ya. Sektor yang paling banyak berkurang konsumsi seperti sepeda motor, mobil juga akan sedikit melambat," ujarnya.


Terkait itu, perseroan telah mengubah Revisi Bisnis Bank (RBB) soal pertumbuhan kredit yang awalnya dipatok bisa tumbuh hingga 18-20% menjadi hanya 15-17% saja hingga akhir tahun ini.


"Tahun ini kredit lebih melambat. Selain BI Rate ada ekspektasi inflasi di atas 9% tahun ini," kata dia.


Namun, pihaknya yakin jika risiko kredit bermasalah tidak akan melebar dengan menyiapkan antisipasi berupa pengetatan sistem pinjaman.


"Saat ini belum ada kajian soal NPL, tentunya bank akan lebih memperketat untuk pencairan kredit. Kita lihat ekspektasi inflasi sehingga tahun depan bisa lebih baik," kata Vera.


(drk/dru)