RI Masih Incar Ladang Minyak di Kazakhstan

Jakarta - Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono berserta sejumlah delegasi bakal berkunjung ke Kazakhstan, Polandia dan Rusia. Indonesia berharap bisa menambah cadangan minyaknya melalui kerjasama dengan Kazakhstan.

"Jadi, Kazakhstan sebetulnya minggu lalu saya melakukan joint commission pertama antara Indonesia dan Kazakhstan. Di situ kita intinya ingin meningkatkan katakanlah kerjasama kita, meningkatkan volume perdagangan kita, dengan mengurangi defisit kita," kata Menteri Perekonomian Hatta Rajasa di Halim, Minggu (1/9/2013).


"Dan yang utama adalah Pertamina bisa mendapatkan lapangan minyak di Kazakhstan. Untuk menambah cadangan minyak nasional kita," imbuh Hatta.


Hatta mengatakan, dirinya bersama Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Dirut Pertamina Karen Agustiawan sebelumnya pernah mengunjungi negara tersebut. Hatta langsung bertemu dengan Presiden Kazakhstan.


"Saya harapkan ini nanti bapak Presiden di dalam pembicaraan akan mengangkat soal ini lagi (minyak)," kata Dia.


Hatta juga mengatakan, Indonesia di bawah bendera Indofood juga siap membangun pabrik Indomie dan pabrik ban di bawah Multistrada.


"Nah pabrik ban kita ini, kita akan meningkatkan ekspor karet alam kita," tutur Hatta.


(dru/zul)