Temui Jokowi, Ortus Janji Monorel DKI Dibangun Mulai 16 Oktober 2013

Jakarta - Pemilik saham mayoritas PT Jakarta Monorail yakni Ortus Holdings Ltd berjanji akan mulai membangun proyek monorel DKI Jakarta pada 16 Oktober 2013. Tiang-tiang monorel yang terbengkalai akan dibangun lagi.

Pemilik Ortus Edward Soeryadjaya mengatakan, dirinya telah melaporkan rencana pembangunan monorel ini kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).


"Tadi laporan Jakarta Monorail sudah selesaikan proses kelengkapan dokumen. Tinggal minta doa restu untuk melakukan pembangunan fisik. Beliau (Jokowi) setuju 16 Oktober pasti groundbreaking. Pembangunan fisik 2 stasiun. Pembangunan teknis itu perlu integrasi," tutur Edward usai bertemu Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Rabu (28/8/2013).


Secara finansial, pembangunan proyek berbiaya US$ 850 juta atau sekitar Rp 8 triliun ini sudah siap. Menurut pihak Ortus, anjloknya rupiah saat ini mempengaruhi proyek tapi tidak fundamental.


Untuk kereta dan sistem persinyalan akan diimpor. Kereta diimpor dari China, sementara teknologi sinyal dan lain-lain diimpor dari Jepang. Ada juga sistem integrasi dari Singapura dan Jerman. Ortus belum berani menggunakan produk lokal, karena berisiko harus mengangkut 5.000 orang per hari.


Ingin tahu jalur mana saja yang akan dilewati monorel DKI? Anda bisa lihat di sini.


(dnl/hen)