Akankah Krisis Ekonomi 2008 Terulang? Ini Tanggapan Kepala Bappenas

Jakarta - Belum ada tanda-tanda perbaikan di perekonomian global sehingga memberikan dampak buruk kepada Indonesia. Pemerintah memang telah mengeluarkan paket kebijakan untuk menyelamatkan ekonomi.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alishjabana mengatakan pemerintah sama sekali tidak mengharapkan kejadian krisis tersebut terulang. Untuk itu beberapa langkah antisipasi berupa kebijakan telah dikeluarkan.


"Tentu ya kita tidak mengharapkan dong, tapi prinsipnya sisi pemerintah kita jaga betul dan antisipasi," ungkap Armida kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senayan, Rabu (28/8/2013)


Antisipasi pemerintah terlihat dari penyusunan anggaran untuk APBN P 2013 dan RAPBN 2014. Dimana menurut Armida mampu untuk menjaga agar ekonomi negara tetap stabil.


"Kan sejak dari pagu indikatif sudah diamankan kemudian itu juga nyambung dengan APBN-P 2013," sebutnya.


Salah satunya adalah anggaran untuk kesejahteraan masyarakat. Armida menilai kesejahteraan harus dipastikan saat ada ancaman ekonomi akan memburuk.


"kesejahteraan, karena itu yang paling basic. Kesejahteraan menyangkut, kemiskinan pengangguran dan yang paling basic lagi kesehatan dan pendidikan," kata Armida.


Akan tetapi, Armida mengatakan tetap ada dinamika yang mesti diwaspadai. Jika ingin diperkuat, pemerintah tinggal mengeluarkan kebijakan tambahan.


"Sudah, artinya tentu tergantung dinamika, kalau mau diperkuat lagi ditambah. Tapi harapan kami sih, kita ya bisa cepat, segera stabilisasi, kan penting stabilitasi," jawabnya.


(mkl/ang)