AP I Gandeng Salah Satu Bandara Terbaik di Dunia Soal Tender

Surabaya - PT Angkasa Pura I (AP I) menggandeng pengelola salah satu bandara terbaik di dunia yaitu Bandara Incheon Korea Selatan. Kerjasama kedua pihak terkait konsep baru dalam hal tender area komersial di Bandara Internasional Juanda.

Perseroan menandatangani perjanjian kerjasama komersial dengan sepuluh perusahaan yang akan beroperasi di area komersial Terminal 2 (T2) Bandara Internasional Juanda, Surabaya.


Kesepuluh perusahaan tersebut adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang food and beverages, retail, dan duty free.


Penandatanganan yang dilakukan President Director Angkasa Pura I Tommy Soetomo serta perwakilan kesepuluh perusahaan tersebut dilakukan di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Jumat (25/10/2013).


"Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pengguna jasa bandara serta mengembangkan fasilitas komersial di T2 Bandara Internasional Juanda dalam upaya peningkatan pendapatan non-aeronautika, Angkasa Pura I melakukan kolaborasi strategis dengan Bandara Incheon Korea. Kerja sama ini menghasilkan sebuah konsep baru dalam hal tender area komersial di Bandara Internasional Juanda," ujar Corporate Secretary Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha dalam keterangannya Jumat (25/10/2013)


Proses tender tambah Farid dilakukan sesuai dengan best practice tender internasional. "Dengan proses tender yang terbuka dan transparan, maka munculah kesepuluh pemenang tender yang pada hari ini kita kumpulkan," jelas Farid.


Kesepuluh pemenang tender tersebut adalah PT Citra Interbuana Multirasa, PT Harrieko Tirta Cemerlang, CV Boga Jaya, dan PT Taurus Gemilang. Selain itu PT Emax International Fortune, PT Keris Gallery, CV Indo, CV Putra Jaya, Flemingo International Ltd, dan PT Dewata Agung Wibawa.


Luas area komersial yang akan ditempati kesepuluh tenant tersebut adalah 3.309 m2. Selanjutnya, akan dilakukan proses serah-terima (handover) dan fitting-out pada 10 November 2013 mendatang.


"Trafik di Bandara Internasional Juanda mencapai hampir 16,2 juta penumpang pada tahun 2012. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan 12,76 persen pada pergerakan penumpang domestik dan 23,27 persen untuk penumpang internasional. Dalam lima tahun ke depan, jumlah penumpang di bandara ini akan menembus hampir dua kali lipatnya, atau sekitar 30,2 juta penumpang," pungkas Farid.


(bdh/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!