Butuh Uang, Bakrieland akan Jual Tanah 600 Hektar di Sentul Rp 4-5 Juta/Meter

Jakarta - Perusahaan properti milik Grup Bakrie, PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) membutuhkan dana untuk melunasi utang obligasinya senilai US$ 155 juta (Rp 1,5 triliun) kepada Bank of New York Mellon selaku pemegang obligasi (bondholders) perseroan.

Perseroan menawarkan tanah di Sentul, Bogor dengan harga Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per meter persegi.


"Kita ada tanah di Sentul, Bogor luasnya 600 hektar. Harga per meternya sekarang sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta dengan segala infrastruktur yang ada di sana," kata Direktur Utama Bakrieland Ambono Janurianto di Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Jumat (25/10/2013).


Ia menjelaskan, penjualan tanah tersebut nantinya digunakan untuk melunasi utang-utangnya kepada Bank of New York yang akan jatuh tempo pada 2015 mendatang. Dengan kesepakatan perpanjangan pembayaran utang atas kedua pihak, maka jatuh tempo menjadi di 2016.


Ambono menyebutkan, posisi per September 2013, perseroan masih mencatatkan angka penjualan hingga Rp 980 miliar. Hingga akhir tahun diharapkan bisa menembus angka Rp 1,3 triliun.


Ambono juga menyebutkan, saat ini perseroan menanggung utang sedikitnya Rp 3 triliun yang salah satunya kepada Bank of New York senilai US$ 155 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun.


"Target sales sampai akhir tahun Rp 1,3 triliun. Porsi terbesar berasal dari pendapatan Epicentrum sebesar 80%. Utang kita totalnya Rp 3 triliun termasuk obligasi ini," tandasnya.


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!