Mentan Suswono Pede RI Swasembada Beras, Jagung, Sapi, dan Kedelai di 2014

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono masih optimistis Indonesia bisa swasembada beras, jagung, sapi dan kedelai pada 2014. Walaupun banyak kalangan termasuk DPR-RI menganggap target tersebut sudah tidak realistis.

"Dari target swasembada, kita masih optimistis bisa tercapai, kita masih melakukan berbagai upaya optimal," ujar Suswono ditemui di Kementerian Pertanian, Ragunan, Jumat (25/10/2013).


Suswono mengatakan hanya pangan gula yang saat ini ada revisi target swasembada dari target tahun 2014 bisa molor ke tahun berikutnya. Alasannya masih banyak kendala seperti masalah on farm dan off farm mencakup lahan, rendemen yang rendah, mesin tua dan lain-lain.


"Gula kita revisi targetnya dari 5,7 juta ton untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan industri, namun hal itu sulit tercapai pada 2014 nanti, makanya kita revisi targetnya hanya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yakni mencapai 3,1 juta ton pada 2014," ungkapnya.


Suswono menambahkan sementara untuk jagung, beras, kedelai dan sapi sampai saat ini masih terus diupayakan agar bisa swasembada pada tahun depan.


"Jika pun kalau tidak bisa tercapai target swasembada 2014 nanti, kita akan sampaikan problem-problem apa yang menghambat target swasembada tersebut, sehingga bisa menjadikan landasan untuk mencapai target swasembada di tahun berikutnya," tandasnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!