Bukan Lagi Emas Batangan, Ini yang Bakal Jadi 'Teman Akrab' Investor

Jakarta - Fluktuasi harga emas batangan yang terjadi setiap hari membuat investor sedikit kehilangan kepercayaannya terhadap logam mulia tersebut.

Kini, Berlian atau akrab disapa 'Diamond' yang sudah biasa menjadi 'teman akrab' para wanita beralih menjadi 'teman akrab' para investor.


Produksi Berlian yang menurun di Russia dan Kanada menjadikan perhiasan tersebut kian diburu karena masuk ke ranah 'langka'. Investor dari China yang kini kian menunjukkan permintaan yang tinggi dari sektor berlian.


Dikutip dari analisis Forbes, Jumat (25/10/2013), harga berlian makin menjulang setelah 2008 lalu Lehmann Brother runtuh. Investor kaya mengalihkan sebagian dari modal mereka menjadi aset non-moneter.


Antara pertengahan 2009 dan awal 2011 indeks industri melacak nilai dari berlian dimana kualitas tertinggi naik 70%, tapi sempat jatuh sekitar 30% di tahun lalu karena ada ketakutan tersendiri.


Penilaian terbaru dari pasar berlian, menurut analisis yang disampaikan Citigroup Global Markets, terlihat bahwa membaiknya kondisi ekonomi dan tingginya permintaan berlian menjadi awal berkelanjutanya kenaikan harga perhiasan ini.


Berlian memang sulit sekali untuk dinilai harganya. Oleh sebab itu diperlukan profesional dan para ahli dalam membelinya.


Tertarik membeli berlian untuk investasi?


(dru/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!