Mentan Suswono: Kita Sudah Surplus Beras Tahun Ini

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengungkapkan tahun ini Indonesia sudah surplus produksi beras. Ia pun yakin Perum Bulog tidak akan impor beras dalam rangka menjaga stok.

"Produksi padi kita cukup, kita surplus beras tahun ini, mudah-mudahan Bulog nggak impor karena serapan dalam negeri cukup," kata Suswono ditemui di Kantor Kementerian Pertanian, Jumat (25/10/2013).


Suswono berharap stok di Bulog hingga akhir tahun bisa mencappai 1,5 juta ton-2 juta ton sesuai syarat dari pemerintah.


"Karena produksi beras kita cukup, harapannya Bulog bisa menyerap stok dari produksi dalam negeri dengan maksimal, jadi stoknya bisa 1,5 juta-2 juta ton pada akhir tahun, jadi tidak perlu impor lagi, Dirut Bulog juga sudah ngomong ke saya tahun ini Bulog tidak impor beras," ucapnya.


Suswono mengakui walau surplus, namun surplus berasnya tidak terlalu banyak dan masih kalah dengan produksi Thailand.


"Kita masih kalah dengan Thailand dalam surplus beras, walaupun luas sawah kita lebih banyak yakni 13,5 juta hektar sementara Thailand hanya 9 juta hektar, tapi penduduk kita kan 4 kali lebih banyak daripada Thailand, makanya mereka surplusnya lebih banyak," tandasnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!