Asyiknya Gowes Sepeda di Lereng Gunung

Jakarta -Sepeda merupakan salah satu alat transportasi paling dikenal sejak dahulu kala. Sejak diperkenalkan pada abad ke-19 di Eropa, kini sudah lebih dari satu miliar sepeda terjual di seluruh dunia.

Ada banyak macam sepeda, mulai dari sepeda mini untuk anak-anak, BMX, fixed gear alias fixie, sampai sepeda gunung. Eko Probo memilih untuk jadi penikmati jenis sepeda terakhir. Dosen di Universitas Trisaksi ini merasa perlu bergabung dengan sebuah komunitas.


Eko bilang, sepeda gunung mulai booming di Indonesia sejak 1990-an, diawali dengan sepeda merek Federal. Padahal, varian sepeda yang satu ini sebetulnya sudah dikenal sejak 1960-an. Nama lainnya sekarang adalah mountain bike alias MTB.


Sepeda ini didesain untuk mengarungi medan yang berat, biasanya di jalur pegunungan. Maka jenis dan ukuran bannya, begitu juga ukuran rangkanya, berbeda dengan varian sepeda yang lain. Kini ia sudah termasuk cabang olahraga yang populer di Amerika Serikat pada 1970-an.


Namun baru pada 1980-an para produsen memproduksi sepeda gunung secara masal, dimulai dari Specialized Stumpjumper. Pada 1990-an sampai saat ini, sepeda gunung bertransformasi dari olahraga yang minim peminat menjadi ajang yang dilombakan sampai di tingkat internasional.


Jenis olahraga sepeda gunung pun berkembang. Ada lintas alam (cross-country/XC), ketahanan (endurance), downhill, dan sebagainya. Setiap kompetisi membutuhkan sepeda gunung dengan spesifikasi khusus.


Sepedanya sendiri berevolusi sejak era 1960-an. Sepeda gunung sekarang ada yang punya sampai 30 percepatan, rem cakram, dan ukuran ban yang tidak lagi terpaku pada 26 inci tetapi sudah lebih besar yaitu 27,5 inci atau 29 inci.Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!