Berawal dari Rayuan Manis, Berakhir Pahit

Jakarta -Kasus keluhan konsumen terhadap prilaku kecurangan pengembang di Indonesia sudah jadi rahasia umum. Namun kenyataanya masih banyak korban-korban baru yang berjatuhan.

Penyebabnya para konsumen terbuai dengan rayuan para tenaga pemasaran/marketing sebuah proyek properti. Dengan iming-iming selangit dan rayuan manis, membuat kewaspadaan konsumen jadi lengah tanpa mempertimbangkan aspek-aspek penting sebelum membeli properti.


"Jadi bapak nggak usah takut progresnya. Dulu orang beli dari tanah kosong. Ini 1,5 hektar. Dulu kita launching Rp 170 juta sekarang sudah Rp 300 juta lebih. Ini tipe studio. Ini investasi jadi biarpun. Ini bukan persoalan progres lama tapi nilainya bertambah pengelolaan dari developer kita. Kita jamin dari awal,” ucap salah satu petugas marketing di sebuah apartemen di Lenteng Agung, Jakarta kepada detikFinance seperti dikutip Kamis (14/11/2013).


Pantauan detikFinance, apartemen ini baru berdiri dua lantai namun menurut pengakuan tenaga pemasaran apartemen ini terbilang laris manis. Para pembeli apartemen tidak hanya berasal dari perorangan namun ada juga dari perusahaan yang membeli lebih dari satu unit namun untuk dijual lagi.


“Di sini banyak investor saat serah terima kunci dia jual. Biasanya dia nama CV dan PT. Sudah jadi dia jual. Itu nanti bisa Rp 600 jutaan,” ucapnya.


Janji-janji manis juga disampaikan Adi, oleh salah satu tenaga pemasaran pengembang perumahan di daerah Cipayung, Depok Jawa Barat. Marketing itu menjelaskan pihaknya menjamin proses mulai dari pembayaran uang muka, akad kredit hingga proses serah terima kunci berjalan sesuai perjanjian.


“Kita packaging dulu. Kalau dia lulus KPR baru kita kabarin. Baru booking nanti kemudian bisa pilih dan pesan bloknya. Mau pilih blok mana. Kita kan langsung dibangun. 90% pembayaran dulu dan nanti 10% serah terima kunci baru bayar. Itu proses konstruksi nggak lama paling 3 bulan,” janji Adi.Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!