Orang Terkaya AS Ini Rogoh Rp 34 Triliun Beli Saham ExxonMobil

New York -Warren Buffett, orang terkaya kedua di AS, lewat perusahaannya Berkshire Hathway membeli saham perusahaan minyak terbesar di dunia yaitu ExxonMobil. Sebanyak 40,1 juta lembar saham Exxon yang dibeli Buffett nilainya US$ 3,45 miliar atau sekitar Rp 34,5 triliun.

Saham yang dibeli Buffett ini hanya 0,9% dari seluruh saham perusahaan minyak yang berbasis di Houston ini. Para analis mengatakan, ini memperlihatkan dukungan dan keyakinan yang kuat dari Buffett terhadap kinerja Exxon ke depan.


"Saat Warren Buffet memberikan dukungan ke sebuah perusahaan, tidak pernah ada kejadian buruk," kata Analis Pavel Molchanov dikutip dari Reuters, Jumat (15/11/2013).


Karena aksi pembelian dari Buffett ini, saham Exxon langsung naik 84 sen atau 0,9% menjadi US$ 94,06 per lembar. "Buffett menyukai pembelian dalam jumlah besar, dan saham Exxon berkualitas bagus," kata Analis Perminyakan Fadel Gheit.


Berkshire Hathway, saat ini telah memiliki sejumlah investasi di perusahaan energi, termasuk MidAmerican Energy.


"Kami menghargai kepercayaan investor terhadap ExxonMobil, dan mereka memutuskan untuk berinvestasi di perusahaan ini," ujar juru Bicara Exxon Alan Jeffers.


Buffett menurut Forbes merupakan orang terkaya nomor 2 di AS, dan orang terkaya nomor 4 di dunia ini. Per September 2013, jumlah kekayaan pria berumur 83 tahun ini mencapai US$ 58,5 miliar atau sekitar Rp 585 triliun.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!