SBY Sebut Ada 3 Alasan Pentingnya Ekonomi Syariah

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus mendorong petumbuhan ekonomi syariah berkembang di Indonesia. Setidaknya ada 3 alasan mengapa ekonomi syariah dibutuhkan di Tanah Air.

"Ada 3 hal penting mengapa kita membutuhkan ekonomi syariah berkembang di Indonesia," kata SBY dalam sambutannya di acara Pencanangan Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (17/11/2013).


Pertama, ekonomi syariah penting karena dapat mengurangi kerentanan antara sistem keuangan dengan sektor rill sehingga mengindari terjadinya pengelembungan ekonomi.


"Dengan adanya sistem bagi hasil membuat tidak adanya jarak antara sistem keuangan dengan sektor rill, sistem keuangan ekonomi syariah mencerminkan ekonomi rill sehingga menghindari pengelembungan ekonomi atau sering disebut bubble economy," kata SBY.


Kedua, ekonomi syariah penting karena menghindarkan dari pembiayaan yang sifatnya spekulatif.


"Dengan terhidarnya pembiayaan yang spekulatif dapat memperluas financial inclusion sehingga melalui pembiayaan kepada UMKM berdasarkan landasan kebersamaan tidak untuk kepentingan para pemilik modal," ujarnya.


Ketiga, SBY mengatakan ekonomi syariah penting karena dapat memperkuat sistem pengaman sosial.Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!