Menikmati Adrenalin Dengan Gowes ke Gunung

Jakarta -Sepeda gunung alias MTB ternyata memiliki banyak penggemar di Indonesia. Ini membuat komunitas pecinta sepeda garang ini terus berkembang.

Komunitas MTB pertama dan terbesar di Indonesia adalah Jalur Pipa Gas (JPG) Mountain Bike yang berdiri pada tahun 2000. Sudah sekitar 3.000 orang menjadi anggota komunitas ini.


Salah seorang anggota JPG Mountain Bike yang cukup aktif adalah Eko Probo, yang sehari-hari berprofesi sebagai pengajar di sebuah universitas swasta di Jakarta. Pria berusia 43 tahun tersebut mulai gabung di JPG Mountain Bike pada 2003.


“Saya basic-nya dari sepeda balap, pada 1984-1987 saya main sepeda balap. Kemudian pada awal 1990-an mulai ada MTB, dan saya akhirnya ikut main. Jadinya ketagihan sampai sekarang,” kata Eko.


Hal yang membuat Eko jatuh cinta pada MTB adalah menawarkan adrenalin yang lebih. “Saya bisa bebas, karena MTB dimainkan di outdoor track. Itu kenikmatan yang tidak bisa dibeli, selain juga bagus untuk kesehatan,” ucapnya.


Sebulan sekali, Eko dan kawan-kawan komunitasnya pergi ke gunung untuk bermain sepeda. Gunung Gede-Pangrango dan Tangkuban Perahu menjadi tempat tujuan langganannya.


Selama bersepeda di pegunungan, Eko mengaku belum pernah mengalami cedera parah. Justru insiden terjadi ketika dia bermain di dekat rumahnya di kawasan Serpong.Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!