Di DKI, Tiap Hari Motor Bertambah 1.500 Unit dan Mobil 600 Unit

Jakarta -Kendaraan di DKI Jakarta terus bertambah. Bayangkan saja, per hari DKI kebanjiran 1.500 unit motor dan 600 unit mobil.

Kepala Dinas Pelayanan Pajak Daerah DKI Jakarta, Iwan Setiawandi mengungkapkan pangsa pasar penjualan motor dan mobil memang dominan di Ibukota ini.


"Khusus DKI itu pertambahannya per hari 1.500 kendaraan motor. Ini terekam dari Bea Balik Nama (BBN) kendaraan. Roda 4 itu 600 unit per hari," ungkap Iwan di Balaikota, Jakarta, Jumat (15/11/2013).


Iwan mengatakan, pangsa pasar kendaraan di DKI khusus mobil mencapai 26 persen dari total penjualan mobil nasional 1,1 juta per tahun. Sedangkan motor 8 persen dari total penjualan motor nasional sebesar 7 juta.


Untuk itu, pihaknya siap mengajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menaikkan pajak progresif. Kenaikan pajak ini akan mencapai 100%.


"Kemungkinan kita meminta kenaikan 100 persen. Kita harapkan itu, perpajakan atau progresif untuk PAD dan tambah bus massal," ungkap Iwan.


Dengan kenaikan pajak hingga 100 persen ini diyakini penerimaan pajak daerah akan bertambah. Nantinya punya kendaraan lebih dari satu akan dikenakan pajak yang cukup tinggi. Next


(dru/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!