Di SPBU Ini Anda Bisa Isi Bensin Sendiri

Jakarta -SPBU milik PT Pertamina (Persero) atau Corporate Owned Corporate Operated (COCO) Jalan Kuningan, Jakarta mulai menerapkan layanan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) secara swalayan atau self service. Sehingga pemilik kendaraan bisa mengisi bensin sendiri ke kendaraanya setelah membayar ke petugas.

“Sekarang di sini bisa isi bensin sendiri, jadi konsumen tinggal bayar di kasir, lalu mendapatkan struk dan tinggal angkat nozel-nya masukkan ke tangki kendaraan," kata Ardi salah satu petugas SPBU COCO Kuningan kepada detikFinance, Jumat (15/11/2013).


Ardi mengatakan konsep self service memang baru diterapkan sejak awal November 2013 khususnya di SPBU Kuningan. Beberapa SPBU Pertamina lainnya juga telah melakukan uji coba sejak tahun lalu.


"Ini baru diterapkan mulai 1 November lalu, namanya sistem self service," kata Ardi.


Sistem self service di SPBU Kuningan, hanya berlaku untuk pengisian BBM untuk sepeda motor saja, untuk mobil dan kendaraan lainnya belum diterapkan. Alasannya karena sistemnya masih baru, juga sambil menunggu para pengendara sepeda motor lebih terbiasa agar lancar.


"Sistem ini membuat antrean kendaraan yang mengisi bensin di SPBU jauh lebih sedikit, karena dengan pelanggan mengisi sendiri jauh lebih cepat," katanya.


Ardi mengakui awalnya penerapan sistem self service banyak masyarakat yang bingung, bahkan tidak jarang tetap memilih dilayani sendiri oleh petugas SPBU seperti pengisian BBM pada umumnya.Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!