Harga Daging Sapi di AS Rp Rp 40.000/Kg, di RI Rp 100.000/Kg

Jakarta -Harga daging sapi di Indonesia saat ini sudah lebih mahal dua kali lipat dibandingkan harga daging sapi di Amerika Serikat (AS). Kenapa ini bisa terjadi?

"Harga daging sapi di Indonesia itu lebih mahal dua kali lipat dibandingkan dengan harga daging sapi di Amerika. Kalau di Amerika cuma US$ 4-U$ 5 per kilogram, bandingkan dengan harga daging sapi di Indonesia saat ini Rp 100 ribu per kilogram" kata Direktur PT Karya Anugerah Rumpin Karnadi Winaga ditemui di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kamis (14/11/2013).


Karya Anugerah Rumpin merupakan perusahaan pembibitan dan penggemukan sapi. Saat ini perusahaan yang berbasis di Cibodas, Bogor ini mengelola sedikitnya 3.000 ekor sapi.


Karnadi menambahkan, tingginya harga daging sapi di Indonesia karena akibat dampak pengurangan impor sapi yang dilakukan pemerintah.


"Tingginya harga daging karena kebijakan pengurangan impor daging sapi, ya bagaimana pasarkan itu jujur tidak bisa dibohongin, kalau pasokannya berkurang ya harganya naik, sementara pasokan sapi dalam negeri saja masih kurang," katanya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!