Lagi, Subsidi BBM Jebol Jadi Rp 224 Triliun Tahun Ini

Solo -Lagi-lagi anggaran subsidi BBM jebol. Tahun ini anggaran subsidi BBM diperkirakan bakal meningkat 12% atau Rp 24 triliun menjadi Rp 224 triliun. Padahal anggaran di APBN-P 2013, anggaran subsidi BBM sudah dialokasikan Rp 200 triliun.

Plt Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan Boediarso Wibowo mengatakan, bengkaknya subsidi BBM disebabkan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dan kenaikan harga minyak Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP). Seperti diketahui, mayoritas BBM diimpor, sehingga pelemahan rupiah dan harga minyak internasional sangat berdampak pada subsidi BBM.


"Untuk subsidi BBM sampai akhir tahun itu bisa 12% di atas dari pagunya APBN-P 2013," ungkap Boediarso di The Royal Surakarta Heritage, Solo, (14/11/2013).


Ia menjelaskan, nilai dolar hingga saat ini sudah mencapai rata-rata Rp 10.500, dan hingga akhir tahun rata-ratanya Rp 10.400. Sementara dalam asumsi makro APBN-P 2013, dolar dipatok Rp 9.600.


"Faktor pertama adalah nilai tukar rupiah yang sekarang berada pada rata-rata Rp 10.500/US$," sebutnya.


Kemudian untuk ICP, menurut Boediarso, pada awal tahun berada pada kisaran US$ 103/barel hingga US$ 105/barel. Sedangkan untuk sekarang, ICP sudah mencapai US$ 106/barel. Kenaikan ICP dipengaruhi oleh gejolak geopolitik negara-negara dunia.


"Kedua adalah ICP, sekarang di US$ 106/barel. Jadi dua itu yang menyebabkan pembengkakan subsidi," jelasnya.


Pemerintah sebelumnya berjanji, kenaikan harga BBM subsidi yang dilakukan pertengahan tahun ini akan menahan laju pembengkakan subsidi BBM. Boediarso mengatakan, dampak dari kenaikan harga BBM subsidi sebenarnya terlihat pada volume konsumsinya.


"Kalau rupiah dan dan ICP itu di luar kontrol pemerintah, tetapi kalau volume bisa dikendalikan. dengan penyesuaian atau kenaikan harga BBM akan ada dampak yang bagus untuk volume sehingga tidak terlampaui," ujarnya.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!