Airbus dan Boeing Bertarung di Dubai Airshow

Dubai -Pameran dirgantara Dubai Airshow mulai dibuka hari ini Minggu (17/11/2013) hingga 21 November 2013. Ajang ini kembali menjadi persaingan dua perusahaan 'raksasa' produsen pesawat komersial, Airbus dan Boeing.

Mereka mengincar pemesanan pesawat dari para perusahaan penerbangan di kawasan Teluk, Timur Tengah.


Misalnya pihak Boeing akan meluncurkan secara resmi pesawat untuk penerbangan jarak jauh terbaru mereka Boeing 777-X, harapannya bisa mendapat pesanan jumlah besar dari salah satu maskapai terbesar di kawasan tersebut yaitu Emirates.


Boeing 777-X dibuat untuk menandingi produk pesawat penerbangan jarah jauh milik Airbus yaitu A350-1000. Boeing 777-X memiliki mesin yang hemat bahan bakar, pesawat ini akan menggantikan kiprah Boeing 777 seri lama yang telah diluncurkan sejak 1990 dan sudah terjual hingga 1.473 pesawat hingga 12 November ini.


Pesawat ini untuk mengantisipasi dimulainya layanan pesawat komersial jarak jauh dengan 350 penumpang milik Airbus di 2017, yang tentunya mengancam pangsa pasar Boeing di segmen penerbangan jarak jauh. Faktanya kini pesawat ini sudah banyak yang memesan meski belum diluncurkan secara resmi.


"Banyak perusahaan menunjukkan ketertarikannya terhadap Boeing 777-X," kata seorang analis dari Oddo Securities, Yan Derocles seperti dikutip dari AFP, Minggu (17/11/2013)


Harapannya maskapai Emirates bisa membuka jalan terhadap pesanan untuk Boeing 777-X. Pihak Emirates, melalui Presiden Direkturnya, Tim Clark telah mengatakan bulan lalu kepada media Financial Times bahwa ajang di Dubai sebagai tempat pemasanan Boeing 777-X.Next


(hen/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!