Kalau Dijual, Harga Gitar Bas Metallica Jokowi Bisa Ratusan Juta Rupiah

Jakarta -Gitar bas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dari basis Band Metallica Robert Trujillo diputuskan menjadi ikon barang gratifikasi yang akan dipajang di KPK dan tak akan dilelang Kemenkeu. Bila dilelang, harga gitar bas ini mencapai ratusan juta rupiah.

Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiono mengatakan, gitar gratifikasi dari Jokowi tidak akan dilelang, tetapi akan menjadi ikon barang gratifikasi.


"Kalaupun dijual harganya ratusan juta rupiah, karena gitar ini sudah jadi ikon dan dari orang terkenal seperti Jokowi atau band Metallica, tentu akan banyak orang yang menginginkannya," ungkap Giri ditemui usai lelang barang gratifikasi di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (11/12/2013).


Sementara berdasarkan data Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, harga gitar bas merek Ibanez tipe Artcore AGB standar adalah Rp 8.500.000.


Gitar bas tersebut ditandatangani oleh Robert Trujillo personel band Metalica yang diterima oleh Jokowi pada 25 April 2013. Pada 3 juni 2013 berdasarkan Nomor 441/01-13/06/2013 ditetapkan sebagai gratifikasi menjadi milik negara.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!