Tarif Pelayaran Indonesia Termurah di Dunia

Surabaya -Tarif angkutan penyeberangan laut dan sungai di Indonesia merupakan salah satu termurah di dunia pelayaran internasional. Namun, pelayanan armadanya tidak kalah dengan perusahaan pelayaran lainnya.

"Walaupun murah, tapi kita terbaik di dunia," ujar Bambang Harjo Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama (DLU) di kantornya, Jalan Kanginan, Surabaya, Rabu (11/12/2013).


Ia menerangkan, armada pelayaran untuk niaga terbesar di dunia yakni China dan Singapura. Sedangkan armada penumpang terbesar adalah Jepang.


Tarif armada pelayaran di Jepang mencapai Rp 3.000/mil. Di kalangan ASEAN, tarif pelayaran di Indonesia masih kalah dengan Filipina sebesar Rp 1.800/mil. Sedangkan tarif di Indonesia yakni antara Rp 415/mil sampai Rp 650/mil.


"Meskipun paling murah, tapi kami (PT DLU) mendapatkan penghargaan International Award for Leadership ini Image and Quality di Madrid, Spanyol 2013," tuturnya.


Penghargaan internasional dari Global Trade Leaders Club tersebut baru diterima 2 Desember lalu. Penghargaan yang diterima DLU, salah satu

armada pelayaran di Indonesia ini mengalahkan sekitar 7.000 armada di seluruh dunia.


Penghargaan tersebut diberikan, karena PT DLU memberikan pelayanan yang tidak ada di dunia pelayaran lainnya seperti, memberikan informasi keselamatan melalui berbagai alat yang ada di kapal seperti televisi. Juga menerjemahkan standar keamanan pelayaran internasional ke bahasa Indonesia, dan standar tersebut dipampang di pigura yang mudah dibaca penumpang.Next


(roi/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!