Kontes Durian Digelar, Penonton Bisa Cicip Gratis

Pontianak -Puncak panen buah Durian di Kalimantan Barat ditandai dengan kontes unik bernama kontes durian unggulan lokal asli Kalimantan Barat. Pengunjung bisa menyicipi durian dengan gratis.

Kontes durian ini digelar di halaman Kantor Camat Sekayam, dan diikuti 108 petani durian di lima kecamatan di Kabupaten Sanggau, yakni Sekayam, Beduai, Noyan, Entikong, dan Balaikarangan. Acara ini dimulai Sabtu (14/12/2013), pukul 10.00 WIB.


"Antusias peserta tahun ini cukup luar biasa, dulu hanya diikuti 89 petani durian, sekarang peserta semakin banyak," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sanggau Jhon Hendri kepada detikFinance.


Banyaknya petani durian yang ikut dalam kontes ini dipastikan akan membawa keuntungan untuk penjualan durian, karena pemenang yang ikut kontes, duriannya pasti akan dikenal orang.


"Tentu saya berharap kontes durian ini membangkitkan geliat petani durian lokal untuk mengembangkan durian unggulan lokal, dan tidak menebang pohonnya," ujar Jhon.


Sementara Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Budi Darmawan mengatakan, kontes durian ini yang menjadi penilaian juri adalah bentuk buah yang dilihat dari fisik luar buah, ketebalan daging, warna daging, rasa daging, dan tekstur buah.


"Cita rasa durian menjadi penilai juri untuk menentukan juara raja buah durian," tuturnya.Next


(dnl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!