Buka 100.000 Lowongan PNS, Pemerintah Cari Aparatur Negara Berkualitas

Jakarta -Tahun 2014 ini Pemerintah kembali membuka lowongan kerja bagi masyarakat yang ingin bekerja sebagai sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Wakil Menteri Pendayagunaan Aperatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Eko Prasodjo mengatakan, lowongan ASN yang dibuka tahun ini sedikitnya berjumlah 100.000 lowongan, yaitu 60.000 untuk PNS dan 40.000 untuk PPPK.


Bila ditilik dari jumlah aperatur negara di tahun 2010 yang berjumlah 4,7 juta orang, maka dapat terlihat bahwa jumlah tersebut telah menurun sekitar 400.000 orang menjadi hanya 4,3 juta aperatur negara saja.


Artinya, ada gap antara jumlah aperatur negara yang berkurang dengan jumlah lowongan yang dibuka pada tahun 2014 ini.


"Jadi tahun 2010 ketika kita moratorium, itu jumlah PNS ada 4,7 juta tenaga kerja, sekarang 4,3 juta tenaga kerja. Artinya sudah turun 400 ribu," kata Eko kepada detikFinance di kantornya awal pekan ini.


Berkenaan dengan hal tersebut, Eko punya penjelasan tersendiri. Menurutnya, penyediaan aperatur negara seharusnya tidak berpatokan pada berapa banyak jumlah aparatur negara yang dipekerjakan tetapi lebih pada seberapa tinggi kompetensi dan kualitas aparatur negara yang dipekerjakan tersebut.


"Jadi kalau kita berkurang 400 ribu terus kita tambah 100 ribu itu artinya masih oke ya dari segi jumlah. Tapi kan kita tidak bicara jumlah, kita kan bicara kualitas, kompetensi, segala macam," kata Eko.Next


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!