Jembatan Tol Atas Laut Kalimantan Bakal yang Terpanjang di Indonesia

Jakarta -Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur bakal terhubung dengan jembatan di atas laut yang dibangun BUMN konstruksi PT Waskita Karya. Jika sudah terbangun, jembatan ini digadang-gadang menjadi jembatan tol atas laut terpanjang di Indonesia.

Kepala Badan pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Achmad Ghani Gazali mengatakan saat ini jembatan tol laut di Indonesia hanya ada dua yaitu jembatan menghubungkan Surabaya-Madura (Suramadu), Jawa Timur dan Bali Mandara, di Bali.


"Ini bisa jadi terpanjang, sekarang belum ada yang panjang segitu," kata Ghani kepada detikFinance di kantornya, Kamis (5/6/2014).


Jembatan tol atas laut di Kalimantan akan dibangun sepanjang 12 Km, sebagian dominan akan di atas laut. Sedangkan jembatan tol laut lainnya memang lebih panjang namun yang membentang langsung di atas laut relatif lebih pendek.


"Kalau yang di Balikpapan mau bangun seperti yang di Suramadu, cable stayed itu investasinya agak mahal," kata Ghani.


Saat ini Kementerian PU tengah menunggu hasil studi kelayakan dan analisis mengenai dampak lingkungan tol ini dari pemrakarsa, Waskita Karya.


Total panjang jalan Tol Suramadu 21 km, termasuk di antaranya panjang bentang jembatan 5,5 km, ditambah jalan penunjang sisi Madura sepanjang 11,5 km, dan 4,5 km untuk ruas Surabaya.


Sedangkan total panjang Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa atau Tol Bali Mandara sepanjang 12,7 Km, bukan sebagai jembatan murni karena tak memiliki bentang tengah.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!