Kelanjutan Proyek Trans Sumatera Belum Jelas

Jakarta -Nasib proyek tol Trans Sumatera hingga kini belum ada kejelasan. Padahal proyek ini bukan hanya dinanti oleh PT Hutama Karya selaku kontraktor, namun juga masyarakat Sumatera.

"Trans Sumatera kita prinsipnya siap. Tinggal nunggu penugasan dari pemerintah," kata Direktur Utama PT Hutama Karya, Tri Widjajanto di acara Konferensi Pers Konstruksi Indonesia 2014, di Kantor Kementerian PU, Jakarta, Kamis (5/6/2014).


Tri mengatakan, secara ekonomi, pembangunan tol Trans Sumatera layak dibangun, meski akan menghabiskan anggaran yang sangat besar.


"Kalau secara ekonomi dia layak, mestinya dibangun walaupun secara finansial nggak layak. Antar kota jadi lebih mudah, tumbuh. Sumatera itu ekonominya layak," jelasnya.


Tri tidak mempersoalkan jika Hutama Karya tidak jadi menggarap tol yang panjangnnya mencapai 2.700 km lebih itu. Yang terpenting, tol tersebut harus jadi dibangun.


"Ini adalah peran pemerintah. BUMN-nya nggak dipersoalkan siapa. Ini pemerintah pakai baju apa gitu, bangun. Kita tunggu aja, terima penugasan. Sampai sekarang belum," paparnya.


Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto pesimistis proyek jalan bebas hambatan sepanjang 2.700 Km bisa dilaksanakan pada era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!