2 Tol Baru Akan Segera Dibangun di Luar Jawa, Ini Lokasinya

Jakarta -Pemerintah segera meresmikan dimulainya proyek pembangunan dua ruas tol baru di luar Pulau Jawa. Kedua ruas tol itu adalah Medan-Kualanamu di Sumatera Utara, dan Manado-Bitung, Sulawesi Utara.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan, operator jalan tol PT Jasa Marga Tbk memenangkan tender untuk pembangunan tol Medan-Kualanamu sepanjang 44 km ini.


"Yang mengembalikan dokumen tender kan cuma Jasa Marga dan konsorsiumnya," katanya ditemui di Gedung Balai Bendungan, Pasar Jumat, Jakarta, Kamis (14/8/2014).


Pembebasan lahan untuk tol ini sudah mencapai 80%. Dengan demikian dia berharap, tol yang bakal menghubungkan kota Medan dengan Bandara Kualanamu ini bisa dimulai pembangunannya sebelum masa baktinya berakhir.


"Nanti kita bakal groundbreaking," katanya.


Djoko tidak menyebut pasti kapan tol ini bakal dibangun. Konsorsium yang memenangkan tender ini berisi BUMN tol PT Jasa Marga, dan BUMN karya seperti PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, dan PT Pembangunan Perumahan.


Sedangkan, untuk jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi merupakan salah satu proyek prioritas pemerintah. Adapun pengerjaan kontruksi seksi Medan-Kualanamu diperkirakan senilai Rp 2,6 triliun, sementara untuk pengerjaan konstruksi untuk seksi Kualanamu-Tebing Tinggi diperlukan dana senilai Rp 1,75 triliun.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!