SBY: APBN 2004 Rp 427 T, di 2014 Jadi Rp 1.876 T

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut belanja negara naik empat kali lipat dalam dekade terakhir. Pada tahun 2004, belanja negara masih sebesar Rp 427,2 triliun, sedangkan di tahun ini sudah mencapai Rp 1.876,9 triliun.

"Dalam sepuluh tahun terakhir, pembangunan di tanah air kita mengalami kemajuan yang menggembirakan," kata SBY dalam pidatonya soal RUU APBN 2014 di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8/2014).


Berarti, kata SBY, dalam 10 tahun ini belanja negara meningkat empat kali lipat. Selain belanja negara, anggaran lain juga naik seperti kesehatan, infrastruktur, pendidikan, ketahanan pangan, dan lain-lain.


"Peningkatan belanja tersebut dilakukan seraya tetap menjaga defisit anggaran dalam angka yang selalu lebih rendah dari batas defisit yang ditetapkan dalam perundang-undangan, yaitu sebesar 3% dari PDB," ujarnya.


Pidato Kenegaraan ini merupakan yang terakhir bagi SBY, setelah menjadi presiden selama dua periode. Dalam pidato kali ini, SBY memaparkan sejumlah pencapaian ekonomi selama 10 tahun terakhir.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!