Ini Dia Kado Ultah ke-69 RI dari BI

Jakarta -Hari ini, Indonesia memperingat hari kemerdekaan. Tepat pada peringatan 69 tahun proklamasi kemerdekaan, Bank Indonesia memberikan kado khusus bagi Indonesia. Apa itu?

Bertepatan dengan hari kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus, BI meluncurkan uang baru yang disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pecahan Rp 100.000. Uang ini merupakan implementasi dari UU Mata Uang.


"Peristiwa penting di bulan Agustus ini, uang rupiah kertas pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2014 mulai berlaku hari ini Dikeluarkan, diedarkan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2014," tutur Gubernur BI Agus Martowardojo dalam sambutannya saat memimpin upacara peringatan proklamasi kemerdekaan di Gedung BI, Jakarta, Minggu (17/8/2014).


Uang baru pecahan Rp 100.000 memiliki dua perbedaan yang menonjol dari uang lama. Pertama adalah terdapat tanda tangan Gubernur BI Agus Martowardojo dan Menteri Keuangan Chatib Basri. Sebelumnya, hanya gubernur BI yang membubuhkan tanda tangan di uang kertas.


Kedua, terdapat frase Negara Kesatuan Republik Indonesia dari sebelumnya hanya bertuliskan Bank Indonesia. Uang baru ini mulai bisa digunakan hari ini dan akan beredar di mesin ATM mulai besok.


(drk/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!