CT: Gaji Menteri Tak Pernah Naik 10 Tahun, Ya Harus Naik

Jakarta -Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mendorong agar ada kenaikan gaji pejabat negara setingkat menteri. Gaji pokok menteri yang kini Rp 19 juta per bulan tidak naik 10 tahun terakhir.

"Gaji menteri nggak pernah naik 10 tahun, ya harus naik. Bukan buat saya. Kalau gaji pejabat negara nggak cukup, maka pejabat itu pasti akan mencari cara untuk mencukupi kehidupannya," ujar pria yang yang biasa disapa CT ini di kantor Pajak, Jakarta, Jumat (15/8/2014).


CT beralasan jika pejabat negara kebutuhannya tak tercukupi dari gajinya, justru akan menjadi dampak buruk bagi negara. Apalagi jika ada oknum pejabat yang mencari tambahan dari cara-cara yang melanggar hukum seperti korupsi dan sebagainya.


"Gaji pejabat negara harus mencukupi kehidupan pejabat itu, kalau masih lakukan langkah-langkah negatif maka itu tidak tahu diri dan layak dihukum mati," tegasnya.


Ia juga mengaku senang terhadap rancangan APBN 2015 yang mencantumkan kenaikan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) termasuk TNI/Polri sebesar 6%.


"Saya menyambut gembira adanya kenaikan gaji PNS yang dianggarkan 2015. Selain kenaikan gaji, juga ada kenaikan tunjangan uang makan untuk PNS dari Rp 5.000 jadi Rp 30.000, dan TNI/Polri jadi Rp 50.000," kata CT.


"Ini kenaikan yang besar jadi gunakan sebaik-baiknya jangan boros. Kita harapkan kalau ada kelebihan dana di-saving dan digunakan untuk masa depan keluarga mereka," katanya.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!