Para Menteri Ekonomi Kumpul di Kantor Pajak Jelaskan RAPBN 2015

Jakarta -Setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan pidato pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 dan Nota Keuangannya, para menteri ekonomi berkumpul di kantor pusat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Jakarta. Para menteri memberikan penjelasan lebih rinci mengenai RAPBN 2015.

Acara dimulai sekitar pukul 17.15 WIB. Dari pantauan detikFinance, terlihat seluruh tim ekonomi Kabinet Indonesia Bersatu II hadir. Total ada 16 menteri, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, serta 5 orang wakil menteri.


Chairul Tanjung, Menko Perekonomian, membuka acara ini. Menurutnya, ada hal yang berbeda dari RAPBN 2015 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


"RAPBN 2015 yang disampaikan pemerintah hari ini memiliki kekhususan. RAPBN 2015 dilakukan dalam suasana transisi pemerintahan, jadi sebenarnya ini adalah untuk pemerintahan yang selanjutnya," kata CT, sapaan Chairul Tanjung, Jumat (15/8/2014).


Oleh karena itu, lanjut CT, RAPBN 2015 tidak berisikan program-program yang terlalu rinci. "RAPBN 2015 hanya berisi baseline," ujarnya.


Kekhususan lain dari RAPBN 2015, lanjut CT, adalah dibahas oleh DPR yang berbeda. "Pembahasan RAPBN ini memang jauh lebih kompleks, karena bisa dibahas dua DPR. Pertama DPR yang saat ini masih menjabat dan DPR yang sebentar lagi dilantik," ucapnya.


Sebagai informasi, masa bakti DPR 2009-2014 akan berakhir pada 1 Oktober 2014. "Memang ini lebih kompleks, tapi kami siap untuk membahas bersama menyelesaikan RAPBN 2015 yang ditujukan untuk pemerintahan yang baru," katanya.


(hds/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!