BUMN Harus Besar Bila Ingin Jadi Motor Perekonomian

Jakarta -Hari ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dan para pejabat perusahaan pelat merah menggelar apel peringatan proklamasi kemerdekaan. Dahlan pun menyinggung peran perusahaan pelat merah dalam mengisi kemerdekaan.

Menurut Dahlan, BUMN bisa menjadi penggerak perekonomian jika diberi kesempatan. Syaratnya, BUMN harus jadi perusahaan kelas kakap.


"Jadi misalnya perbankan. Harus semakin besar supaya bisa mendanai proyek-proyek pembangunan di Indonesia. Kalau banknya kecil, bagaimana membiayai proyek-proyek besar? Yang kedua perusahaan infrastruktur harus tambah besar," jelasnya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Minggu (17/8/2014).


Dahlan juga menilai peran BUMN di sektor pangan harus didorong. Pasalnya, BUMN pangan selama ini kurang menonjol perannya sementara pangan merupakan kebutuhan mendasar di setiap negara.


"Memang yang akan datang ini yang di bidang pangan yang harus didorong. Di masa lalu, BUMN pangan kita ini terlalu menjadi permainan," tegasnya.


(feb/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!