SBY: Dari Negara Terbelakang, Kini Ekonomi RI 16 Besar Dunia

Jakarta -Hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan Pidato Kenegaraan di Gedung DPR/MPR/DPD. Salah satu hal yang disinggung SBY adalah pertumbuhan kelas menengah Indonesia.

Ketika awal kemerdekaan, hampir seluruh penduduk Indonesia berada dalam kemiskinan. Namun pada abad 21, SBY menyebut sudah banyak kemajuan yang dicapai.


"Dari tadinya terbelakang di Asia jadi middle income country, sekarang ekonominya peringkat 16 besar dunia. Bahkan menurut Bank Dunia, Indonesia peringkat 10 besar ekonomi dunia, jika dihitung Purchasing Power Parity," tutur SBY, Jumat (15/8/2014).


Kemudian, lanjut SBY, ada perbaikan taraf kehidupan, yang ditunjukkan dengan kelas menengah yang terus bertambah.


"Dari seluruhnya miskin di 1945, di abad 21 Indonesia punya kelas menengah terbesar di Asia Tenggara, dan salah satu negara dengan pertumbuhan kelas menegah terbesar di Asia," sebut SBY.


Berdasarkan data Bank Dunia, pada 2003 jumlah kelas menengah di Indonesia adalah 37,7%. Kemudian meningkat menjadi 56,6% pada 2010, atau 134 juta jiwa.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!