SBY Senang Pertumbuhan Ekonomi Makassar Salip Tiongkok

Jakarta -Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) senang dengan beberapa capaian ekonomi di daerah yang terus membaik. Misalnya pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar Sulawesi Selatan yang mampu mengalahkan pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

"Kita semua senang melihat Makassar mempunyai pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari Tiongkok," kata SBY saat menyampaikan Pidato Kenegaraan di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (15/8/2014).


Rata-rata pertumbuhan ekonomi Kota Makassar di atas 9% dalam dalam lima tahun terakhir. Pada 2008 lalu, pertumbuhan ekonomi Kota Makassar mencapai angka 10,83%. Sedangkan ekonomi Tiongkok belakangan ini cenderung melemah berkisar 7%-7,5%.


SBY juga menyampaikan rasa senangnya terhadap beberapa daerah/kota-kota di Indonesia yang juga menunjukan capaian positif. Ia mencontohkan Kota Bandung yang menargetkan jadi basis pengembangan teknologi seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.


"Maluku juga menjadi lumbung perikanan," katanya.


Ia juga menyampaikan soal capaian pembangunan infrastruktur di daerah yang terus berkembang pesat. Berdasarkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) hingga kini sudah ada 382 proyek infrastruktur dan sektor riil mencakup Rp 854 triliun.


"Kita bangga melihat bandara di Makassar, Balikpapan, Medan, dan Bali, tak kalah dengan Bandara Soekarno-Hatta. Kita bangga tol atas laut Bali, Kelok Sembilan," katanya.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!