Ribuan Ton Gula Mentah Impor Masih Ditahan Izinnya

Jakarta -Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengakui tak sepenuhnya mengeluarkan izin impor gula mentah (raw sugar) kepada industri gula rafinasi. Dari 635.000 rekomendasi impor raw sugar, hanya 502.000 ton yang dikeluarkan, sisanya 133.000 masih belum dikeluarkan izinnya.

"Kan saya musti jaga daripada kestabilannya, kalau dibuka semuanya ada apa-apa kurang, itu bagaimana Jadi ini saya menjaga balance-nya supaya baik, tapi kan masalah ini kan suplainya terlalu banyak," kata Lutfi di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (15/8/2014)


Lutfi belum mau memastikan kapan mengeluarkan sisa izin impor gula mentah untuk para industri. Tujuannya mengatur kran impor agar ada keseimbangan dan kesenambungan pasokan gula di dalam negeri.


"Nggak bisa semuanya diberikan. Kan jatahnya itu turun dari tahun lalu, jadi kita harus eman-eman," katanya.


Ia menambahkan, selama ini industri gula rafinasi mengimpor bahan baku di awal tahun, padahal kegiatan produksi baru dilakukan pada Februari. Sedangkan untuk memasok kebutuhan gula rafinasi untuk industri makanan dan minuman baru terjadi di April.


"Bulan pada Awal tahun lalu itu 1,3 juta sudah keluar, jadi banyak sekali yang di luar, ini yang mesti kita atur," katanya


Sebelumnya para pengusaha gula rafinasi (gula industri) resah dengan belum terbitnya izin impor raw sugar untuk bahan baku industri gula rafinasi. Jika ini berlarut-larut maka akan berdampak pada industri makanan dan minuman yang selama ini sebagai konsumen gula rafinasi.


Kuota impor raw sugar untuk bahan baku gula rafinasi sebesar 3,1-3,2 juta ton di 2014. Namun yang telah dikeluarkan izinnya oleh Kementerian Perdagangan hanya 2,1 juta ton.


Para pengurus pengurus Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (Agri) sempat menyambangi Menteri Perindustrian MS Hidayat di kantor Kementerian Perindustrian, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, beberapa waktu lalu mengeluhkan persoalan ini.


(hen/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!