Semangat Kemerdekaan Chatib Basri: RI Harus Sejajar dengan Bangsa Maju!

Jakarta -Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 dinilai menjadi momentum untuk memajukan perekonomian nasional. Indonesia punya potensi untuk bisa sejajar dengan negara-negara maju di dunia.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Chatib Basri usai mengikuti upacara HUT RI ke-69 di komplek Kementerian Keuangan, Jakarta, Minggu (17/8/2014).


"Semangat kemerdekaan yang sekarang tentunya adalah bagaimana membuat Indonesia itu bisa duduk dan sejajar dengan bangsa-bangsa maju," tegasnya.


Semangat itu, lanjut Chatib, tentunya bukan hanya sekedar angan-angan karena potensinya sudah ada. Indonesia sudah berhasil mencapai posisi 10 ekonomi terbesar di dunia.


Apalagi ini terjadi saat ekonomi global terkena gejolak yang luar biasa dan masih penuh ketidakpastian. Chatib menilai hal tersebut harus diakui sebagai sebuah prestasi.


"Saya kira ini potensinya sudah ada, kita masuk dalam 10 besar ekonomi dunia. Jadi kalau orang bicara ekonomi Indonesia ke depan, saya kira adalah indonesia sebagai bangsa yang besar," papar Chatib.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!