Bangun PLTMG di Bawean, PLN Hemat Rp 1 Miliar/Bulan

Gresik -PT PLN (Persero) kini bisa berhemat hingga Rp 1 miliar per bulan di Pulau Bawean, Gresik. Penghematan bisa dilakukan setelah Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) resmi dioperasikan di pulau yang hanya memnpunyai dua kecamatan itu.

PLTMG yang menggunakan bahan bakar Compressed Natural Gas (CNG) tersebut menggantikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang berbahan bakar solar. PLTMG ini mempunyai kapasitas 1 x 3 megawatt (MW).


"PLTMG ini bisa menghemat hingga Rp 863 per KWH atau menghemat subsidi BBM hingga Rp 1 miliar per bulan," ujar Direktur Utama PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Amir Rosidin dalam sambutannya sebelum peresmian PLTMG Bawean di Desa Sungai Teluk, Sangkapura, Jumat (15/8/2014).


Selama menggunakan PLTD, kata Amir, pihaknya menghabiskan 460 ribu liter solar per bulannya untuk 'memberi makan' PLTD setiap bulan, yang menghabiskan Rp 6 miliar.


"Padahal pendapatan kami hanya Rp 1,2 miliar," kata Amir.


Amir mengatakan, dahulu listrik di Bawean hanya menyala pada malam hari karena kurangnya ketersediaan pasokan listrik. Itu pun hanya dari jam 18.00-22.00 WIB. PLTD yang terus meningkatakan kapasitas memang cukup membantu menambah lamanya listrik menyala meski berbiaya besar.


Menteri BUMN Dahlan Iskan sempat berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bio Gas (PLTBG) atau Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Bawean. Namun niat itu urung karena kedua pembangkit tersebut menimbulkan banyak polusi.Next


(iwd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!