SBY: RI Sudah Berubah, Sekarang Pemain Inti Ekonomi Internasional

Jakarta -Hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan Pidato Kenegaraan terakhirnya di Gedung DPR/MPR/DPD, Senayan, Jakarta. Daalm pidato tersebut, SBY menegaskan bahwa Indonesia kini sudah menjadi salah satu pelaku utama dalam percaturan ekonomi dunia.

"Indonesia menjadi anggota G20, posisi Indonesia sudah jauh berubah. G20 telah menjadi forum kerja sama ekonomi internasional, kita berdiri sejajar dengan negara-negara maju dan ekonomi besar," papar SBY, Jumat (15/8/2014).


Indonesia, lanjut SBY, kini merupakan negara dengan ekonomi peringkat 16 dunia. Di forum G20, Indonesia menjadi bagian penting yang mewakili kepentingan negara-negara berkembang.


"Indonesia telah menjadi pemain inti dalam ekonomi internasional. Kita harus meyakini bahwa Indonesia di abad 21 adalah bagian dari solusi dunia," tegasnya.


Meski demikian, tambah SBY, Indonesia tidak boleh takabur. Indonesia masih harus memperbaiki pekerjaan rumah, salah satunya adalah pengentasan kemiskinan.


"Tantangan masih banyak, pekerjaan rumah tidak sedikit. Salah satu tantangan kita adalah mengubah nasib puluhan juta rakyat ke arah yang lebih sejahtera," tuturnya.

Pidato Kenegaraan ini merupakan yang terakhir bagi SBY, setelah menjadi presiden selama dua periode. Dalam pidato kali ini, SBY memaparkan sejumlah pencapaian ekonomi selama 10 tahun terakhir.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!