BPJS Targetkan 1.061 Fasilitas Kesehatan Baru

Sukabumi -Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menargetkan untuk menambah 1.016 fasilitas kesehatan primer mencakup dokter swasta, klinik, dan puskesmas pada 2014. Saat ini, jumah fasilitas kesehatan primer yang telah terhubung dengan Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) adalah 1.989 serta 191 rumah sakit rujukan sebagai fasiitas rujukan tingkat lanjutan.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Regional V Jawa Barat BPJS Aris Jatmiko dalam acara Media Gathering di Citarik, Sukabumi, Minggu (17/8/2014).


"Cakupan peserta BPJS di Jabar sampai akhir Juni ini mencapai 19 juta yang dilayani oleh 1.989 faskes primer dan 191 rumah sakit untuk rujukan," kata Aris.


Dari tingkat kepesertaan, Aris menyebutkan angka tersebut sudah memenuhi target. Namun dengan bertambahnya peserta nantinya, maka jumlah fasilitas kesehatan primer sebagai kontak pertama saat peserta sakit pun harus ditambah juga.


"Tahun ini kami menargetkan penambahan 1.016 fasilitas kesehatan primer mulai dari dokter, klinik, dan Puskesmas. Semoga ini bisa terpenuhi," katanya.


Penambahan fasilitas kesehatan primer tersebut dijelaskan Aris dibutuhkan supaya pelayanan untuk peserta bisa lebih baik lagi. "Kalau fasilitasnya tidak ditambah, maka bisa berjubel nanti," ujar Aris.


(tya/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!