Jelang Pengumuman Kabinet, Sofyan Djalil Siap Datang ke Istana

Jakarta -Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Sofyan Djalil memastikan akan hadir di Istana Negara siang ini untuk menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rencananya, Jokowi akan mengumumkan nama-nama menteri yang akan mengisi kabinetnya.

“Saya datang,” kata Sofyan kepada detikFinance, Minggu (26/10/2014).


Sofyan menyebutkan, dirinya akan datang ke istana pukul 14.10 WIB. Sofyan tidak menyebutkan persiapan khusus untuk menghadap Jokowi. “Saya akan hadir jam 2 lebih 10. Saya siap,” jelas dia.


Sebelumnya, Mantan Menteri BUMN ini berharap Presiden Terpilih Jokowi memilih Menteri BUMN dari kalangan profesional. Ia punya alasan tersendiri soal pentingnya seorang menteri BUMN dari kalangan profesional.


"Apabila orang yang tepat mengelola masalah, akan lebih mudah dibanding orang yang tidak tepat. Kalau orang yang profesional kan dia punya pengalaman yang banyak, sehingga akan lebih cepat menghadapi masalah," kata Menteri BUMN era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I ini beberapa waktu lalu.


Menurutnya, sosok profesional diharapkan dapat lebih cermat dalam mengenali permasalahan BUMN. Sehingga metode yang diterapkan dalam mengelola BUMN lebih tepat dan terarah.


"Salah satu tantangan menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Maka tantangan bagi Pemerintah itu berat sekali ke depan. Infrastruktur kita yang jadi masalah, ekonomi kita yang belum pasti. Ini jadi tantangan bagi pemerintahan Jokowi. Ini tidak ringan," jelasnya.


Nama Sofyan Djalil, beberapa hari terakhir disebut-sebut bakal menduduki kursi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!