Pemerintahan Jokowi-JK Harus Transparan Supaya Tarik Banyak Investor

Jakarta -Pemerintahan baru pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tengah menjadi sorotan terutama dalam pembentukan kabinetnya. Hal ini juga menarik perhatian perusahaan distributor BBM, PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).

Layaknya sebuah perusahaan, pemerintah juga perlu punya standar yang baik dalam hal transparansi maupun tata kelola pemerintahan yang baik.


Direktur Keuangan AKR Suresh Vembu mengatakan, pemerintahan yang baik dan transparan akan mampu banyak menarik investor luar negeri masuk ke Indonesia.


"Satu isu yang harus diperhatikan di seluruh perusahaan di Indonesia termasuk pemerintah yang baru juga dan itu semua seperti OJK, BEI sekarang sudah mulai melakukan progress framework untuk GCG, itu yang penting kalau Indonesia mau tarik investor-investor ke Indonesia dengan transparansi dengan GCG," kata Suresh saat ditemui detikFinance, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (24/10/2014).


Apalagi, kata Suresh, tahun depan Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) di mana seluruh negara bisa dengan bebas berekspansi di Indonesia.


"Tahun 2015 perkembangan ekonomi baru, daya saing ekonomi Indonesia sudah gabung dengan ASEAN, dengan itu harus ada transparansi untuk perusahaan di Indonesia agar bisa menjadi sama dengan negara-negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia," terang dia.


Suresh berharap, pemerintahan Jokowi-JK akan mampu membuat perekonomian Indonesia lebih maju melalui pembangunan infrastruktur yang lebih baik. Pembangunan infrastruktur bisa didorong dengan ketersediaan dana.


Melalui kenaikan harga BBM, dana yang ada bisa dialokasikan ke sektor infrastruktur yang lebih produktif.


"Dengan pemerintahan baru kita ekspektasi ekonomi bisa tetap bertumbuh, rencana pemerintah untuk kenaikan BBM subsidi itu juga adalah satu strategi untuk bisa sangat membantu untuk dana-dana yang akan disediakan untuk infrastruktur dan sektor-sektor yang sekarang butuh banyak dana, kita mendukung. Seperti AKR juga mendukung pemerintah untuk salurkan BBM gas ke subsidi di 131 lokasi di seluruh Indonesia, itu juga kita lakukan dengan transparansi untuk disediakan kepada seluruh masyarakat Indonesia," pungkasnya.


(drk/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!