Pelaku Pasar Ingin Menteri Ekonomi yang Bisa Langsung Kerja

Jakarta -Rencanannya Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakilnya Jusuf Kalla (JK) ini akan mengumumkan nama-nama menteri sore ini di Istana Negara. Pengumuman ini banyak ditunggu oleh berbagai kalangan termasuk para investor di pasar modal.

Sejumlah nama-nama calon menteri di bidang perekonomian atau keuangan sudah banyak beredar, di antaranya mantan Wakil Menteri Keuagan (Wamenkeu) Bambang Brodjonegoro, Mantan Gubernur BI Darmin Nasution, Mantan Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Mantan Menkeu Sri Mulyani, Mantan Wamenkeu dan Kepala BKPM Mahendra Siregar, dan lain-lain.


Bagi pelaku pasar dan investor, mereka ingin para menteri ekonomi khususnya menteri keuangan dipegang oleh sosok yang bisa langsung bekerja, tanpa harus ada proses belajar lagi. Dengan kata lain, menkeu baru adalah orang sudah punya pengalaman dan rekam jejak yang baik selama di pemerintahan.


Analis Saham AAA Asset Management Akuntino mengungkapkan, sosok Mantan Menkeu Chatib Basri dinilainya cocok untuk menempati posisi Menteri Keuangan. Selain berpengalaman di bidangnya, Chatib dinilai mampu mengatasi berbagai permasalahan perekonomian saat dirinya menjabat sebagai Menkeu di bawah pimpinan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).


“Chatib Basri itu cocok, tepat, lebih ke dia. Mengerti ekonomi dan cukup reaktif terhadap permasalahan,” ujar dia saat dihubungi detikFinance, Minggu (26/10/2014).


Akuntino menjelaskan, Chatib punya kapasitas yang mumpuni untuk menjaga perekonomian Indonesia melalui kebijakannya. Dia mengungkapkan, masa kepemimpinan Chatib sebagai Menkeu mampu menekan angka defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan inflasi.


“Sedikit banyak saat Chatib memimpin, kita tidak terjerumus terlalu dalam. Tidak terjerembab saat perekonomian di 2013 sedang guncang. Chatib salah satu contoh sosok yang bisa menjaga ekonomi Indonesia dari guncangan, dia cukup reaktif. Dia concern soal APBN, bisa menekan angka defisit,” jelas dia.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!