Jualan Makanan Ringan, Pria Ini Jadi Orang Terkaya di Taiwan

Jakarta - Daftar orang terkaya terbaru di Taiwan kembali dirilis. Mungkin banyak yang belum mengetahui, orang terkaya di Taiwan saat ini sukses karena berdagang snack atau makanan ringan untuk anak-anak.

Orang terkaya di Taiwan adalah Tsai Eng-Meng. Dikutip dari Forbes, Jumat (31/5/2013), pria berumur 56 tahun ini mempunyai kekayaan senilai US$ 10,6 miliar atau Rp 100,7 triliun. Di dunia, Tsai menduduki posisi orang terkaya nomor 112.


Hal menarik dari Tsai, dia merupakan pengusaha makanan ringan di Taiwan yang berjuluk 'Chinese Snack Food King' atau raja makanan ringan di China. Dalam setahun, Forbes mencatat jumlah kekayaan Tsai bertambah US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 24,7 triliun.


Perusahaan makanan ringan milik Tsai adalah Want Want China Holdings. Makanan ringan yang dijual beragam bentuknya, seperti merek 'Me,me,me' yang merupakan minuman susu rasa pisang. Lalu yoghurt rasa es krim, kemudian beragam jenis kacang yang dijual dengan merek 'Tiao Dou',.


Namun sekarang, bisnis Tsai tidak hanya di sektor makanan saja, tapi juga sudah berekspansi ke bisnis media, yaitu kabel TV. Tsai juga memiliki bisnis hotel lewat San Want.


Belum cukup sampai di situ, Tsai juga memiliki bisnis di sektor keuangan yaitu lewat perusahaannya yaitu Waterland dan Union Insurance.


(dnl/ang)