Petani Bisa Naik Haji dan Beli Mobil Baru dari Bisnis Sawit

Palembang -Menjadi Petani tak selalu berarti hidup tidak sejahtera alias susah. Buktinya salah satu petani Sawit ini, yang berpenghasilan bersih Rp 4,5 juta per bulan.

Rianto, yang mulai menjadi Petani Sawit sejak tahun 2006 ini memiliki ‎lahan 2 hektar. Memang tak banyak namun cukup untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.


"Penghasilan saya Rp 4,5 juta. Per kavling 2 hektar," kata Rianto ditemui di Diskusi mengenai Kelapa Sawit, di Hotel Aston, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (24/10/2014).


Rianto menceritakan, awal kisahnya bertransmigrasi dari Purbalingga, Jawa Tengah‎ pada 2003. Saat itu, dia membeli lahan sawit cukup murah, yaitu Rp 1 juta/hektar. Kini dia punya 2 hektar lahan sawit dengan penghasilan cukup lumayan.


Dengan penghasilannya itu, dia mengaku sudah mendaftarkan dirinya bersama istri menunaikan ibadah haji. Selain itu, rumahnya di Sumatera Selatan pun sudah direnovasi dari uang penghasilannya bertani sawit.


"Anak saya tiga, saya bisa sekolahkan anak saya ke perguruan tinggi, sebentar lagi S1," tuturnya.


Selain Rianto, Dibyo Wibowo yang juga seorang transmigran dari Sleman, Yogyakarta sudah membeli mobil keluaran terbaru. "Hanya mobil murah," katanya merendah.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!