Kerja 12 Jam/Hari, Sopir Pengangkut BBM Pertamina Dapat Gaji Rp 3,5 Juta

Cikampek -Menjadi seorang sopir atau Awak Mobil Tangki (AMT) pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM) memiliki tanggung jawab yang berat. Selain harus bekerja 12 jam per hari, kondisi tubuh mereka juga harus tetap dalam kondisi prima saat berkendara.

Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga (PPN) Ferdy Novianto mengatakan pihaknya telah menyediakan Wisma AMT di dekat Terminal BBM Cikampek, Jawa Barat sebagai rumah istirahat yang dilengkapi dengan AC, tempat tidur yang nyaman, ruangan relaksasi, hingga ruang pijat dan pangkas rambut. Para AMT juga mendapat gaji di atas Upah Minimum Provinsi (UMP) yaitu Rp 3,5 juta/bulan.


"Gaji sopir AMT, ada gaji, tunjangan kinerja totalnya Rp 3,5 juta, wisma AMT merupakan fasilitas istirahat bagi AMT karena beroperasi 12 jam, dan kalau pulang lagi ke rumah memakan waktu. Jadi bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk istirahat," kata Ferdy di Cikampek, Jumat (24/10/2014)


Ia mengatakan syarat-syarat jadi sopir AMT, selain punya SIM dan kondisi tubuh sehat, mereka juga harus lulus tes kesehatan dan pengetahuan. Selain itu ada pelatihan 1 minggu mengenai cara penanganan BBM dan mengendarai mobil tangki BBM.


"Statusnya akan menjadi pegawai tetap dari anak perusahaan Pertamina yang ada," katanya.


Ferdy mengatakan di terminal BBM Cikampek terdapat 400 AMT yang saat ini bekerja bergantian selama 24 jam, menyalurkan BBM ke wilayah Jawa Barat.


"Kapasitas BBM di TBBM Cikampek 85.000 KL, distribusinya 5.500 KL per hari, distribusi ke Subang, Purwakarta, Cikampek, Karawang, yang sumbernya dari kilang minyak Cirebon," katanya.


Menurut Ferdy, Pertamina siap menyalurkan BBM ke seluruh wilayah Indonesia meski berbagai tantangan. Bahkan, penyaluran BBM harus menggunakan transportasi udara dengan risiko biaya angkut yang sangat mahal.


"Pertamina menyalurkan BBM ke seluruh wilayah Indonesia, terpencil atau tak terpencil kita harus memenuhi, ada yang pakai pesawat terbang di Wamena Papua, tugas Pertamina karena kita ditugaskan menyalurkan BBM ke seluruh Indonesia," katanya.


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!