Kertas Halal Made in Tangerang Laris di Timur Tengah Hingga Eropa

Jakarta -Produk kertas khusus untuk membuat Al Quran produksi Tangerang banyak diminati pasar Timur Tengah, hingga Eropa. Kertas ini dijamin halal oleh produsennya yaitu PT Indah Kiat Pulp & Paper.

Business Unit Quran PT Indah Kiat Pulp & Paper, Nurhasana mengatakan kertas ini bernama Quran Pulp & Paper/QPP. Produk kertas halal ini sudah diekspor ke Uni Emirat Arab, Turki, Pakistan, Iran, bahkan, Eropa dan Malaysia.


"Walaupun di Eropa masih sedikit, perbandingannya 10 kontainer ke Timur Tengah dan 1 kontainer ke Eropa per minggu," kata Nurhasana di sela-sela acara Indonesia International Halal Expo (INDHEX) 2014 di JIExpo, Kamis (23/10/2014).


Ia mengatakan produk kertas halal ini juga dijual untuk pasar dalam negeri termasuk ke toko-toko buku seperti Gramedia dan Sigma.


"Ekspornya sudah berlangsung 10 tahun, harganya kompetitif bahkan jauh lebih murah dari jenis kertas lainnya. Dengan kualitas kertas di atas kertas lainnya," tegas Nurhasana.


Menurutnya keunggulan kertas ini lebih halus, kemampuan penyerapan untuk tinta sangat diperhatikan, daya serap tinta tinggi, dan halal.


"Gelatin yang biasanya dari babi, kalau kertas ini gelatinnya dari tapioka, prosesnya kita jaga dari awal sampai akhir, pohon dan kebun kita jaga dari babi dan najis. Kita taruh bahan baku di gudang kita jaga kehalalannya," jelasnya.Next


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!