Libur Panjang, Harga Cabai Tembus Rp 90.000/Kg

Jakarta -Libur Natal dan cuti bersama saat ini dibarengi dengan meningkatnya harga bahan kebutuhan pokok. Salah satu yang paling mencolok adalah harga cabai yang tembus Rp 90.000/kg.

"Harga rawit merah Rp 90.000/ kg sebelumnya hanya Rp 80.000/kg, rawit keriting sekarang Rp 75.000 per kg sebelumnya hanya Rp 65.000/kg," ujar Samsul, pedagang sayur di Pasar Blok A kepada detikFinance, Jakarta Selatan, Jumat (26/12/2014).


Harga sayur yang juga masih terpantau tinggi antara lain adalah tomat yang saat ini berada pada harga Rp 13.000 per kg, padahal minggu lalu hanya Rp 10.000/kg. Menurut Samsul, naiknya harga sayur terutama cabai ini jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan harga pada puasa dan lebaran lalu.


"Waktu lebaran rawit merah tertinggi sekitar Rp 40.000/kg. Memang tahun ini agak unik. Haga cabai tinggi ini karena pasokan dari petani sedikit," sebut dia.


Seretnya pasokan cabai, kata dia, turut dipengaruhi oleh cuaca yang kurang bersahabat dalam beberapa bulan terakhir ini.


"Cabainya yang bagus misalnya, sekarang jarang. Mereka (petani) mau tanam khawatir masih kemarau, yang masih tanam juga pas panennya bermasalah karena lembab jadi banyak yang busuk. Jadi memang serba salah kalau sekarang," sebut dia


Ia mengharapkan, hal ini bisa disikapi serius oleh pemerintah. "Apakah dibantu teknologinya, dibuatkan penyimpanannya yang anti busuk, atau yang lain. Karena sayuran kan sangat dibutuhkan masyarakat," pungkasnya.


(dna/rrd)