Pasar di Kota Kelahiran Jokowi Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 750 Miliar

Jakarta -Tadi malam, Pasar Klewer yang berlokasi di Kota Surakarta alias Solo (Jawa Tengah) terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp 750 miliar.

"Estimasi awal, pedagang korban kebakaran Pasar Klewer mengalami kerugian hingga Rp 750 miliar," ungkap Abdullah Mansuri, Ketua Umum DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) dalam siaran pers yang diterima Minggu (28/12/2014).


Data DPP IKAPPI, lanjut Abdullah, ada 1.516 kios yang terkena dampak kebakaran ini. Total kios di Pasar Klewer tercatat 2.075 unit.


Ia menuturkan, besarnya kerugian pedagang tak lepas dari tingginya aktivitas pasar saat liburan Natal dan Tahun Baru. Pada momentum ini, pedagang biasanya menyimpan barang lebih banyak dari biasanya.


"Apalagi banyak kain-kain sutra kualitas terbaik yang ditawarkan di Pasar Klewer," ujar Abdullah.


IKAPPI meminta pemerintah agar cepat memproses relokasi pedagang. Sebab, pedagang tentu perlu melanjutkan aktivitasnya. Ada lebih dari 1.000 pedagang dan puluhan ribu rakyat di kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menggantungkan hidup di Pasar Klewer.


"Kami berharap ada dukungan bantuan dari pemerintah pusat untuk mempercepat proses pemulihan. Dampak kebakaran ini akan besar bagi perekonomian masyarakat Solo," jelas Abdullah.


(mkl/hds)