Perayaan Tahun Baru, PLN Pastikan Pasokan Listrik Aman

Jakarta -PT PLN (Persero) memastikan pasokan listrik untuk perayaan malam tahun baru 2015 aman. pasalnya konsumsi listrik diperkirakan akan turun drastis.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto mengatakan, PLN telah menyiapkan petugas-petugas dan unit-unit PLN yang handal untuk mengamankan pasokan listrik untuk perayaan Natal dan pergantian tahun 2014 ke 2015.


"Apalagi PLN juga tidak melakukan pemeliharaan yang dapat mengganggu pasokan listrik pada H-3 Natal sampai H+7 Tahun Baru. Pemeliharaan sudah dilakukan pada hari-hari sebelumnya dan hari-hari sesudahnya. Selain itu kordinasi operasi antara unit pembangkitan, unit penyaluran dan unit distribusi ditingkatkan untuk mengoptimalkan kesiagaan dan kesiapan instalasi listrik," kata Bambang dalam keterangannya, Jumat (26/12/2014).


Apalagi kata Bambang, konsumsi listrik sejak 25 Desember kemarin mengalami penurunan yang cukup drastis karena industri dan perkantoran banyak yang libur.


"Sebagai contoh di Jawa Madura Bali (Jamali) yang telah terinterkoneksi menjadi satu sistem kelistrikan, beban puncak turun sekitar 12,7 % dibanding pada hari yang sama minggu lalu. Beban puncak di sistem Jamali pada hari Kamis 18 Desember 2014 sebesar 22.510 Mega Watt yang terjadi pada pukul 18.30 WIB. Sedangkan beban puncak pada hari Kamis 25 Desember 2014 sebesar 19.652 MW atau turun 2.858 MW. Kondisi di luar Jawa juga mengalami penurunan beban puncak listrik serupa," ungkapnya.


PLN katanya bahkan memperkirakan pada tahun baru 1 Januari 2015 nanti diprediksi penurunan beban puncak lebih besar lagi. Di sistem Jamali diprediksi beban puncak sekitar 17.809 MW.


"Jadi listrik kami pastikan handal, jika tidak ada gangguan teknis maka tidak ada pemadaman listrik. Tapi kami tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan perilaku hemat listrik dan tidak berlebih dalam menggunakan listrik," tutup Bambang.


(dna/rrd)